MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO KOTA BOGOR STUDI BANDING KE SMAN 4 DENPASAR

Setelah melalui hari-hari yang padat kegiatan yaitu menyelenggarakan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN) para guru dan karyawan melaksanakan studi banding ke SMA Negeri 4 Denpasar sekaligus rekreasi. Kegiatan ini diikuti oleh 46 peserta yang berlangsung pada tanggal 23 – 26 April 2014. Turut mendampingi kegiatan ini Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro Bapak H. Iwan Ruswandi, SE.MM dan pengawas pembina SMA Dinas Pendidikan Kota Bogor Dra. Riana Yani.

Daerah yang dikunjungi pada acara rekreasi hari kedua dan ketiga mulai dari Pura Taman Ayun, dimana pure ini merupakan peninggalan kerajaan Mangwi pada abad 19, dilanjutkan ke danau Beratan Bedugul. Danau ini memiliki daya tarik dengan panorama yg indah dengan dua pure di tengah-tengahnya. Kunjungan hari kedua ini dilengkapi dengan kunjungan ke Tanah Lot dan belanja oleh-oleh di Joger dan Khrisna.

Pada hari ke tiga daerah yang dikunjung Tanjung Benoa, Pandawa Beach, Uluwatu-Pantai Drean Land dan makan malam bersama di pantai Jimbaran.

Kunjungan ke SMAN 4 Denpasar merupakan kunjungan hari ke empat atau terakhir. Sekolah ini berlokasi di Jl. Gunung Rinjani, Perumnas Monang-maning, Denpasar.

Wakasek Bidang Kesiswa I Made Sudana, S.Pd. M.Pd yang menyambut acara itu beserta waka bidang Sarpras I Made Subawa, S.Pd. M.Pd. menjelaskan bahwa semula SMAN 4 Denpasar merupakan sekolah yang awalnya tidak diperhitungkan oleh masyarakat karena letaknya di tengah sawah dan minim prestasi. Namun sekarang berkat kerja keras seluruh warga sekolah yang dimotori oleh Kepala Sekolah Dr. I Wayan Rika, M.Pd kini menjadi sekolah faforit dengan prestasi gemilang ditingkat nasional dan internasional dengan fasilitas sekolah yang lengkap dan kegiatan kesiswaan yang banyak.

Kepala SMA Kosgoro Kota Bogor H. Tri Atmojo dalam sambutannya mengemukakan bahwa kunjungan ke SMAN 4 Denpasar merupakan tujuan utama dalam rangka mengembangkan SMA Kosgoro yang bermutu dikemas dengan acara rekreasi. Dipilihnya sekolah ini karena prestasinya yang pantas dicontoh dalam membangun semangat kebersamaan dalam memajukan sekolah menjadi sekolah yang faforit. Kegiatan-kegiatan positif untuk diadaptasinya dengan SMA Kosgoro yang ada di SMAN 4 Denpasar seperti quality improvement program, english program, E-Learning program, compason study, schoolarship human resources development program, dan partership program.

Dibagian akhir pertemuan ini dilakukan pertukaran cendera mata. Dari SMA Kosgoro memberikan miniatur senjata Kujang yang merupakan senjata pusaka tradisional etnis Sunda yang dikenal sejak zaman kerajaan Pajajaran pada abad 14 M, sedangkan dari SMAN 4 Denpasar menyerahkan patung Saraswati. Menurut I Made Sudana Dewi Saraswati merupakan Dewi Pelindung dan juga pelimpah pengetahuan. Dewi Saraswati yang digambarkan sebagai seorang wanita cantik bertangan emapat ini sebagai dewi sungai, seni, pengetahuan, dan musik yang dijadikan maskot di SMAN 4 Denpasar.

Didanpingi oleh para wakasek dan guru para peserta studibanding dari SMA Kosgoro melakukan visitasi ke ruangan kegiatan siswa dan ruang pembelajaran, dan kemudian foto bersama.