MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO SIAP UN

Pelaksanaan ujian sekolah (US) di SMA Kosgoro yang berlangsung pada tanggal 18 – 23 Maret 2013 berlangsung dengan tertib dan aman. US kali ini diikuti oleh 248 siswa yang terdiri 149 siswa program IPA dan 99 siswa program IPS yang terbagi dalam tiga belas ruang.

Menurut Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo, “kami telah mempersiapkan seluruh siswanya agar dapat lulus 100%, mulai dari tes uji coba (TUC) UN, pengayaan materi dan pemberian motivasi dengan mengundang motivator Fauzan Ahmad dari PT. Maestro Motivation Indonesia”.

Ujian sekolah (US) yang diselenggarakan kali ini mempunyai arti yang sangat penting bagi kelulusan siswa. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSPN) telah menetapkan kelulusan siswa dengan perhitungan bahwa Nilai Akhir (NA) yang merupakan gabungan dari Nilai Sekolah (NS) dengan pembobotan 40% dan Nilai UN dengan pembobotan 60%.

Nilai Sekolah (NS) merupakan penggabungan dari nilai Ujian Sekolah (US) dengan pembobotan 60% dan nilai rata-rata rapor semster 3,4, dan 5 dengan pembobotan 40%. Strategi yang aman untuk membekali siswa dalam menghadapi UN adalah siswa harus memperoleh Nilai Sekolah (NS) di atas delapan. Dengan nilai delapan misalnya maka siswa telah memiliki bekal nilai 3,2, sehingga untuk mencapai batas paling rendah 4,0 siswa atau tinggal berjuang untuk memperoleh 1,8 atau tinggal berjuang memperoleh nilai 2,3 untuk mendapatkan nilai rata-rata paling rendah 5,5 dari semua mata pelajaran yang di UN-kan.

Tri Atmojo meminta kepada para siswa agar mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh, baik persiapan fisik, persiapan materi dan juga jangan lupa rajin beribadah dan berdo’a. Pelaksanaan UN kali ini hampir sama dengan pelaksanaan UN sebelumnya, yang membedakan terutama UN tahun ini dilakukan hanya sekali tidak ada UN susulan, tingkat kesulitan ditingkatkan dari 10% menjadi 20%, dan tiap siswa akan menerima paket soal yang berbeda, kalau satu ruang ada 20 siswa maka akan ada 20 paket soal yang berbeda. Apapun bentuk perubahan itu kalau siswa siap semua dapat diatasi. Semoga anak-anak SMA Kosgoro dapat lulus semuanya dengan prestasi terbaik.