MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

ISLAM ITU MUDAH

“Islam itu pada dasarnya agama yang mudah, sederhana, tidak ruwet dan membingungkan”. Demikian yang disampaikan KH. M. Entis Sutisna, S.Pdi., dihadapan guru dan siswa pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Kosgoro pada hari Jum’at, 22 Februari 2013.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan dzikir bersama yang dipimpin oleh ustad H. Luthfi Hariri, S.Ag., dan diisi hiburan dari Tim Marawis dari siswa-siswi SMA Kosgoro.

Dalam ceramahnya ustad asal Cimande itu menjelaskan bahwa Agama Islam itu mudah. Gara-gara umat Islam sendiri agama yang semula sederhana itu kemudian menjadi ruwet dan semakin dipersulit. Dia menegaskan “al-dinu yusru” yang artinya agama itu mudah. Prinsip kemudahan (taysir) sangat jelas dalam Islam.

Ustad Entis mengajak kepada seluruh siswa untuk melaksanakan shalat lima waktu dengan tertib dan khusuk. Shalat itu mudah, seperti umum diketahui, harus dilaksanakan dengan berdiri. Akan tetapi, bagi yang tidak mampu berdiri, ia boleh melakukannya dengan duduk, bahkan dengan berbaring saja. Begitu juga disediakan kemudahan dalam ibadah puasa, haji, dan seterusnya. Dalam terminologi fikih, kemudahan-kemudahan itu dinamakan “Rukhshah,” yaitu pengurangan beban sebagai wujud kasih sayang Allah SWT kepada hamba-hamba Nya.

Bebagai kemudahan agama itu diberikan oleh Allah SWT untuk tujuan dan maksud yang mulia. Pertama, memastikan agar manusia dapat menjalankan agama tanpa susah payah dalam dimensi ruang dan waktu. Kedua, mendorong dan memotivasi manusia agar rajin dan semangat menjalankan agama, lantaran bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa kesulitan.

Kegiatan maulid ini diakhiri dengan muhasabah dan doa. Tidak sedikit siswa yang menangis dalam muhasabah ini sebagai bentuk penyesalan atas dosa dan kesalahan yang dilakukan selama ini.