Berita

Pola Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah (PHBS)

        Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah merupakan langkah untuk memberdayakan pembiasaan yang ditujukan kepada semua masyarakat baik di luar maupun di dalam lingkungan sekolah. Sehingga dapat menciptakan kualitas kesehatan yang baik dan memberikan kenyamanan kepada peserta didik. SMA Kosgoro Bogor selalu mengedepankan kondisi sekolah yang bersih dan nyaman untuk belajar. Oleh karena itu dalam rangka menciptakan kondisi sekolah yang sehat maka hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Mencuci tangan

Mencuci tangan dengan  benar  sangatlah diperlukan untuk mengurangi resiko virus yang menempel di tangan kita. Berikut langkah-langkah dalam mencuci tangan yang benar yaitu membasahi tangan dengan air mengalir, menggunakan sabun cair, menggosok telapak tangan dan punggung telapak tangan, menggosok jari-jari tangan, dan mengulang membasahi tangan dengan air mengalir. Hal ini dilakukan agar kebersihan tangan terjaga secara maksimal.

  1. Menggunakan Toilet bersih dan sehat

Sarana toilet yang bersih bisa terhindar dari penyakit. Tetapi kadang ada perilaku seseorang yang kurang memerhatikan kebersihan saat menggunakan toilet. Diantaranya setelah buang air kecil tidak disiram kembali, membuang tisu atau pembalut sembarangan, atau tidak mematikan kran air. Perilalu-perilaku tersebut wajib kita ingatkan kepada peserta didik. Hal ini dilakukan agar tidak mengundang ketidaknyamanan saat menggunakan toilet. Selain itu mampu meminimalisir penyebaran penyakit misalnya diare.

  1. Membuang sampah dengan cara memilah sampah pada tempatnya

Perilaku yang diharapkan dalam hal ini adalah sampah harus dikelola dengan benar. Sekolah sudah menyediakan tempat sampah organik, sampah anorganik dan sampah daur ulang. Sehingga hal tersebut bisa menjadi edukasi bagi para siswa dan seluruh warga sekolah, agar sampah menjadi hal yang patut diperhatikan. Serta peduli terhadap keberadaan sampah dan tidak membuangnya secara sembarangan.

  1. Mengkonsumsi makan yang bergizi dan minum cukup

Pada masa pandemi ini dibutuhkan ketahanan tubuh yang baik. Sehingga tidak mudah sakit dan tidak mengganggu tumbuh kembang peserta didik. Maka diperlukan makanan yang banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral .

  1. Berolahraga yang teratur dan terukur

Berolahraga dapat membantu kita terhindar dari kuman berbahaya, termasuk yang menyerang paru-paru dan pernapasan. Dengan berolahraga imun dalam tubuh akan terus meningkat. Meski demikian olahraga harus dilakukan secara terukur agar tidak berlebihan, karena akan mengeluarkan energi yang banyak dan memeras tenaga. Contoh olahraga yang tidak berlebihan yaitu senam ringan.

  1. Memberantas jentik nyamuk

Covid-19 bukan satu-satunya penyakit yang ditakutkan. Semua warga sekolah harus waspada dengan penyakit lain seperti demam berdarah. Sehingga dibutuhkan kepedulian kita untuk memastikan kebersihan selokan, bak penampung air, vas bunga agar tidak ada jentik nyamuk.

          Selain hal-hal di atas PHBS sekolah juga mewajibkan seluruh warga sekolah mengukur suhu badan, menggunakan masker, menjaga jarak dengan yang lain, tidak sering menyentuh muka, serta memperhatikan etika bersin dan batuk. Virus diperkirakan bisa bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga hari. Maka pihak sekolah secara berkelanjutan melakukan penyemprotan disinfektan semua ruangan. Selain itu, sekolah melakukan koordinasi dan kerjasama diantaranya:

  1. Membuat kesepakatan dengan komite sekolah terkait penerapan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Orang tua berhak untuk melarang putra putrinya tidak sekolah apabila sedang kurang sehat. Lalu berkoordinasi kepada pihak sekolah jika masih belum siap untuk belajar tatap muka.
  2. Menjalin kerjasama dengan Puskesmas dan Klinik 24 Jam, Bangbarung dalam mengantisipasi kondisi siswa saat di sekolah apabila terdapat gejala.

              Kebijakan pembelajaran tatap muka di sekolah sudah dilaksanakan walaupun Covid-19 masih mengintai. Maka dari itu, kita tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan dengan cara selalu mengikuti protokol kesehatan. Semoga seluruh warga SMA Kosgoro Bogor dalam kondisi sehat sehingga pembelajaran tata muka bisa berjalan lancar. Aamiin.