Info PSB

Info dan Panduan PPDB 2024-2025

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SMA KOSGORO KOTA BOGOR
TAHUN PELAJARAN 2024/2025


SEKILAS  SMA KOSGORO KOTA BOGOR

SMA Kosgoro Kota Bogor didirikan sejak tahun 1988. Sejak awal berdirinya telah memposisikan diri sebagai Sekolah Swasta Berwawasan Kebangsaan dan Keunggulan Teknologi.  SMA KOSGORO selain telah menempatkan bidang teknologi informasi (Komputer) sebagai ciri Khas dalam penyelenggaraan pendidikan, hal lain yang menjadi prioritas dan telah dikenal oleh masyarakat adalah Sekolah dengan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dan kedisiplinannya.

SMA Kosgoro mendapat Izin dari Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat dengan Nomor 356/102/Kep/E/88, dan kini telah memiliki status TERAKREDITASI “A”  dengan nilai 98 oleh Badan Akreditasi Nasional Propinsi Jawa Barat  Nomor: 02.00/203/BAP-SM/SK/XII/2015.

Seiring dengan tumbuhnya kepercayaan dari masyarakat, SMA Kosgoro Kota Bogor dari tahun ke tahun terus meningkat dan berkembang. Saat ini keadaan jumlah peserta didik yang dibina sebanyak 786 peserta didik yang terbagi menjadi 25 rombongan belajar dengan didukung tenaga pendidik 47 orang, 6 tenaga administrasi, 3 karyawan bagian umum, 6  SATPAM dan 6 petugas kebersihan.

SMA Kosgoro dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan ditunjang pula dengan fasilitas Ruang guru, Ruang Tata Usaha/Administrasi, Ruang konseling, Ruang UKS, Ruang OSIS,  Lapangan olah-raga (Futsal, Voli, Basket, Bulu Tangkis, Tenis Meja), Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa dan Multimedia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia dan Biologi, Mushola, Kantin dan Perpustakaan.

SMA Kosgoro dengan keunggulan teknologi telah melakukan beberapa inovasi, yaitu :

1. Kehadiran siswa, guru, dan karyawan telah menggunakan finger print, sehingga lebih akurat, datang tepat waktu, dan laporan kehadiran diperoleh dengan cepat dan tepat.

2. Sistem penilaian telah menggunakan smartphone berbasis android, sehingga hasil ujian dapat diperoleh dengan cepat.


VISI DAN MISI SMA KOSGORO

VISI

“Menjadi SMA Swasta terdepan di Kota Bogor dan unggul di Tingkat Nasional”

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan berwawasan lingkungan dan berwawasan kebangsaan yang berdasarkan Imtaq dan Iptek.
  • Mengembangkan pelayanan pendidikan profesional dalam memenuhi harapan peserta didik.
  • Mengembangkan sarana pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar.
  • Berorentasi pada pengembangan mutu secara berkelanjutan dengan semangat kebersamaan, efisien dan akuntabel.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

Masa penerimaan peserta didik baru SMA Kosgoro Kota Bogor dibuka mulai tanggal 26 Januari 2024 dan akan ditutup pada tanggal 12 Juli 2024.

Pendaftaran setiap hari kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul  15.00  WIB, di Kampus SMA KOSGORO. Jl. Pajajaran No.217A Bogor.

Contact Person :

H. Luthfi Hariri, S.Ag  : 0817 9018 308
Reni Herawati, M. Pd  : 0815 9958 588
Ujang Sudrajat, S. Si  : 0858 8186 5673
Office : (0251) 831 25 05

PERSYARATAN KEUANGAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Gelombang 1 : Rp. 7.675.000,-

Gelombang 2 : Rp. 8.675.000,-

No. Uraian Gelombang 1 Gelombang 2
26 Januari – 21 Juni 2024 22 Juni – 12 Juli 2024
1. Biaya Masuk Siswa Baru    
  a. Iuran Pengembangan Sarana Pendidikan (IPSP) 4,500,000 5,500,000
  b. Iuran Pengelolaan Pendidikan (IPP) 550,000 550,000
  c. Iuran Pengembangan Keterampilan Siswa (IPKS) 400,000 400,000
  d. Iuran Kegiatan Kesiswaan (IKK/OSIS) 375,000 375,000
  e. Iuran Kegiatan Awal Peserta Didik Baru Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) 500,000 500,000
  f. Pengadaan Perlengkapan Administrasi Kesiswaan (Pas Foto, Kartu Pelajar, Sampul, dan Laporan Pendidikan) 500,000 500,000
  g. Biaya Pribadi Peserta Didik (Pakaian Seragam Sekolah, Jas Almamater, Rompi, dan Atribut) 850,000 850,000
  Jumlah 7,675,000 8,675,000


PERSYARATAN ADMINISTRATIF

Persyaratan pendaftar adalah lulusan SMP/MTs tahun pelajaran 2023/2024 dengan menyerahkan berkas-berkas berupa:

  1. Lulusan SMP/MTs Tahun Pelajaran 2023/2024
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran
  3. Menyerahkan:
  1. Fotokopi buku raport kelas 7 s.d 9 (dilegalisir)
  2. Fotokopi Ijazah dan SHUN rangkap 2 (dilegalisir)
  3. Foto 2 x 3 dan 3 x 4 masing-masing 2 lembar
  4. Fotokopi Akta kelahiran dan kartu keluarga
  5. Surat Kelakuan Baik dari sekolah

      4. Menyelesaikan persyaratan keuangan PPDB

TATA CARA / PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Pendaftar menghubungi petugas pendaftaran dan dicatat oleh petugas pendaftaran
  2. Petugas pendaftaran menerbitkan pengantar pembayaran iuran
  3. Pendaftar membayar iuran pada kasir sesuai ditentukan dalam pengantar pembayaran
  4. Pendaftar menyerahkan lembar ke 2 pengantar pembayaran yang sudah ditandatangani kasir kepada petugas pendaftaran untuk dimasukan kedalam berkas-berkas pendaftaran
  5. Pendaftar menandatangani pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan
  6. Seluruh berkas diisi oleh pendaftar dan harus diserahkan kembali ke petugas pendaftaran

 

Buku pedoman berisi selain informasi dan petunjuk yang rinci mengenai penerimaan dan pendaftaran yang perlu diketahui oleh calon peserta didik, juga berisi formulir-formulir sebagai berikut:

  • Formulir Pendaftaran (diisi ditandatangani, serta diserahkan kembali pada saat pendaftaran).
  • Formulir Pernyataan Peserta didik
  • Formulir Data Peserta didik.

Pendaftaran Registrasi:

Pada saat melaksanakan pendaftaran registrasi,calon peserta didik sudah harus melengkapi semua persyaratan keuangan dan menyerahkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Foto copy Ijazah atau STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) dan SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisasi masing-masing sebanyak 2 lembar;
  2. Foto kopi rapor kelas 7 s.d. 9 yang telah dilegalisir.
  3. Foto ukuran 2x3 dan 3x4, masing-masing 2 lembar;
  4. Foto copy akte kelahiran
  5. Foto copy NISN
  6. Surat kelakuan baik dari sekolah
  7. Salinan (foto copy) bukti pembayaran keuangan.
  8. Berkas-berkas pada butir a/g di atas dimasukkan pada map dan diserahkan kepada petugas Panitia PPDB.

  


KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)

Setelah menyelesaikan semua persyaratan dan prosedur di dalam proses penerimaan peserta didik baru, kepada seluruh calon peserta didik diwajibkan untuk mengikuti seluruh kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang materinya terdiri:

  1. Empat Pilar Bangsa (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika)
  2. Visi Misi dan Program sekolah
  3. Wawasan Kebangsaan
  4. Cara belajar efektif
  5. Tata krama dan Tata tertib peserta didik
  6. Lagu-lagu nasional dan daerah
  7. Kegiatan kerohanian
  8. Pengenalan/demo ekstrakurikuler
  9. Penyuluhan bahaya obat terlarang dan HIV AIDS
  10. Pengenalan lingkungan
  11. Sosiodrama
  12. Dialog/pertemuan orang tua dan sekolah

PROSEDUR PENERIMAAN PESERTA DIDIK  PINDAHAN

SMA Kosgoro menerima peserta didik pindahan dari sekolah lain yang sejurusan, sepanjang formasi ruang masih ada, memenuhi persyaratan, dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan berdasarkan kentuan yang berlaku.

PERSYARATAN UMUM

Secara  umum peserta didik pindahan yang dapat diterima oleh SMA Kosgoro adalah mereka yang telah menyelesaikan beban pelajaran pada jenjang yang telah dilalui dan tidak dalam status dikenakan sanksi serta memiliki perilaku yang baik (tingkat kehadiran baik) selama yang bersangkutan memiliki jenjang status akreditasi yang sama dengan SMA Kosgoro.

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Calon peserta didik pindahan terlebih dahulu menyampaikan secara tertulis permohonan pindah dengan melampirkan:
  • Surat Keterangan Pindah dari SMA asal
  • Surat Keterangan Pindah dari Dinas Pendidikan wilayah asal.
  • Buku rapor sekolah asal.
  • Bersedia mengikuti tes wawancara dan tertulis.
  • Setelah permohonan disetujui pemohon diwajibkan memenuhi seluruh persyaratan-persyaratan dan menempuh prosedur / tata cara penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023. Setelah seluruh  persyaratan dan prosedur di atas dipenuhi oleh calon peserta didik yang bersangkutan.