Berita

INFO DAN PANDUAN PSB 2019-2020

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA KOSGORO KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020


SEKILAS SMA KOSGORO KOTA BOGOR

SMA Kosgoro Kota Bogor didirikan sejak tahun 1988. Sejak awal berdirinya telah memposisikan diri sebagai Sekolah Swasta Berwawasan Kebangsaan dan  Keunggulan Teknologi. SMA KOSGORO selain telah menempatkan bidang teknologi informasi (Komputer) sebagai ciri Khas dalam penyelenggaraan pendidikan, hal lain yang menjadi prioritas dan telah dikenal oleh masyarakat adalah Sekolah dengan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dan kedisiplinannya.

SMA Kosgoro mendapat Izin dari Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat dengan Nomor 356/102/Kep/E/88, dan kini telah memiliki status TERAKREDITASI “A”  dengan nilai 98 oleh Badan Akreditasi Nasional Propinsi Jawa Barat  Nomor: 02.00/203/BAP-SM/SK/XII/2015.

Seiring dengan tumbuhnya kepercayaan dari masyarakat, SMA Kosgoro Kota Bogor dari tahun ke tahun terus meningkat dan berkembang. Saat ini keadaan jumlah peserta didik yang dibina sebanyak 926 peserta didik yang terbagi menjadi 26 rombongan belajar dengan didukung tenaga pendidik 50 orang, 6 tenaga administrasi, 3 karyawan bagian umum, 5  SATPAM dan 6 petugas kebersihan.

SMA Kosgoro dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan ditunjang pula dengan fasilitas Ruang guru, Ruang Tata Usaha/Administrasi, Ruag konseling, Ruang UKS, Ruang OSIS,  Lapangan olah-raga (Futsal, Voli, Basket, Bulu Tangkis), Laboratorium Komputer, Labolatorium Multimedia dan Bahasa, Laboratorium Fisika, Labolatorium Kimia dan Biologi,  Mushola, Kantin dan Perpustakaan.

Visi dan Misi SMA KOSGORO

VISI

“Menjadi SMA Swasta terdepan di Kota Bogor dan unggul di   Tingkat Nasional”

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan berwawasan lingkungan dan berwawasan kebangsaan yang berdasarkan Imtaq dan Iptek.
  • Mengembangkan pelayanan pendidikan profesional dalam memenuhi harapan peserta didik.
  • Mengembangkan sarana pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar.
  • Berorentasi pada pengembangan mutu secara berkelanjutan dengan semangat kebersamaan, efisien dan akuntabel.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

Masa penerimaan peserta didik baru SMA Kosgoro  Kota Bogor dibuka mulai tanggal 2 Mei 2018 dan akan ditutup pada tanggal 12 Juli 2018 yang terbagi menjadi dua gelombang.

  • Gelombang I, tanggal 2 Mei s.d. 12 Juni 2018.
  • Gelombang II, tanggal 21 Juni  d. 21 Juli 2018.

Pendaftaran setiap hari kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul  16.00  WIB, di Kampus SMA KOSGORO. Jl. Pajajaran No.217A Bogor Telp 0251-8312505, 8345168.

KEUANGAN PPDB SMA KOSGORO

GELOMBANG I  - Rp. 6.575.000,-

GELOMBANG II - Rp. 7.575.000,-

PERSYARATAN KEUANGAN

No Jenis Biaya Glb. 1 (Rp) Glb.2 (Rp)
1 Iuran Kegiatan PPDB(IKPPDB) 300.000 300.000
2 Iuran Pengembangan Sarana Pendidikan(IPSP) 4.000.000 5.000.000
3 Iuran Pengelolaan Pendidikan (IPP) per bulan 425.000 425.000
4 Iuran Pengembangan Ketrampilan Siswa (IPKS) 400.000 400.000
5 Iuran Kegiatan Kesiswaan (IKK) 300.000 300.000
6 Iuran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 250.000 250.000
7 Perlengkapan Adm. Siswa (Raport, Foto, dll), PAS 200.000 200.000
8 Pakaian Seragam (SRG) 700.000 700.000
  Jumlah 6.575.000 7.575.000


PERSYARATAN ADMINISTRATIF

Persyaratan pendaftar adalah lulusan SMP/MTs tahun pelajaran 2017/2018 dengan menyerahkan berkas-berkas berupa:

  1. Foto copy Ijazah/STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) yang telah dilegalisasi 2 lembar.
  2. Foto copy SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisasi sebanyak 2 lembar;
  3. Foto copy buku raport kelas 7 s.d 9 yang telah dilegalisir
  4. Pas Foto 2x3 dan 3x4, masing-masing 2 lembar
  5. Foto copy NISN
  6. Foto copy Akte Kelahiran dan Kartu keluarga (KK)
  7. Surat Kelakuan Baik dari sekolah

 TATA CARA / PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Pendaftar menghubungi petugas pendaftaran dan dicatat oleh petugas pendaftaran
  2. Petugas pendaftaran menerbitkan pengantar pembayaran iuran
  3. Pendaftar membayar iuran pada kasir sesuai ditentukan dalam pengantar pembayaran
  4. Pendaftar menyerahkan lembar ke 2 pengantar pembayaran yang sudah ditandatangani kasir kepada petugas pendaftaran untuk dimasukan kedalam berkas-berkas pendaftaran
  5. Pendaftar menandatangani pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan
  6. Seluruh berkas diisi oleh pendaftar dan harus diserahkan kembali ke petugas pendaftaran
  • Gelombang I
  1. Waktu pendaftaran 2 Mei – 12 Juni 2018.
  2. Menyerahkan bukti kelulusan/foto copi rapor kelas 7 s.d. 9 yang telah dilegalisir.
  3. Saat mendaftar membayar uang pendaftaran sebesar Rp 300.000,-
  4. Daftar ulang/Registrasi dan pelunasan keuangan paling lambat satu minggu setelah peserta didik dinyatakan diterima.
  5. Batas Pembayaran Minimal Gelombang I adalah   5.000.000,-.
  • Gelombang II
  1. Waktu pendaftaran tanggal 21 Juni s.d 12 Juli 2018
  2. Menyerahkan foto kopi rapor kelas 7 s.d. 9 yang telah dilegalisir
  3. Menyerahkan foto kopi SKHUN dan STTB.
  4. Saat mendaftar membayar uang pendaftaran sebesar Rp 300.000,-
  5. Dafatar ulang/Registrasi dan pelunasan keuangan paling satu hari setelah calon peserta didik dinyatakan diterima.
  6. Bagi calon peserta didik yang tidak melunasi keuangan sampai batas waktu yang ditentukan dinyatakan mengundurkan diri dan formasi diisi oleh pendaftar lainnya.
  7. SMA Kosgoro hanya menerima peserta didik lulusan SMP/MTs Tahun Pelajaran  2017/2018
  8. Target penerimaan sebanyak 8 kelas sejumlah 288  peserta didik.  Apabila target penerimaan sudah terpenuhi, pendaftaran akan ditutup sebelum waktu berakhir.

Buku pedoman berisi selain informasi dan petunjuk yang rinci mengenai penerimaan dan pendaftaran yang perlu diketahui oleh calon peserta didik, juga berisi formulir-formulir sebagai berikut:

  • Formulir Pendaftaran (diisi ditandatangani,serta diserahkan kembali pada saat pendaftaran).
  • Formulir Pernyataan Peserta didik
  • Formulir Data Peserta didik.
  • Pendaftaran Registrasi:
  • Pada saat melaksanakan pendaftaran registrasi,calon peserta didik sudah harus melengkapi semua persyaratan keuangan dan menyerahkan berkas-berkas sebagai berikut:
  1. Foto copy Ijazah atau STTB (Surat Tanda Tamat Belajar)dan SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisasi masing-masing sebanyak 2 lembar;
  2. Foto kopi rapor kelas 7 s.d. 9 yang telah dilegalisir.
  3. Foto ukuran 2x3 dan 3x4, masing-masing 2 lembar;
  4. Foto copy akte kelahiran
  5. Foto copy NISN
  6. Surat kelakuan baik dari sekolah
  7. Salinan (foto copy) bukti pembayaran keuangan.
  8. Berkas-berkas pada butir a/g diatas dimasukkan pada map dan diserahkan kepada petugas Panitia PPDB.

KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)

Setelah menyelesaikan semua persyaratan dan prosedur di dalam proses penerimaan peserta didik baru, kepada seluruh calon peserta didik diwajibkan untuk mengikuti seluruh kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang materinya terdiri:

  1. Empat Pilar Bangsa (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhenika Tunggal Ika)
  2. Visi Misi dan Program sekolah
  3. Wawasan Kebangsaan
  4. Cara belajar efektif
  5. Tata krama dan Tata tertib peserta didik
  6. Lagu-lagu nasional dan daerah
  7. Kegiatan kerohanian
  8. Pengenalan/demo ekstrakurikuler
  9. Penyuluhan bahanya obat terlarang dan HIV AIDS
  10. Pengenalan lingkungan
  11. Sosiodrama
  12. Dialog/pertemuan orang tua dan sekolah

PROSEDUR PENGUNDURAN DIRI PESERTA DIDIK BARU

Sebelum berakhirnya masa penerimaan peserta didik baru Tahun Pelajaran 2017/2018, calon peserta didik yang telah menyelesaikan sebagian dan atau seluruh persyaratan penerimaan peserta didik baru yang bersangkutan, dapat mengajukan permohonan pembatalan atau pengunduran diri dengan mengisi formulir permohonan pengunduran.

Kepada calon peserta didik yang  mengundurkan diri dari penerimaan peserta didik baru karena alasan:

  1. Diterima di Sekolah Negeri/Swasta berdasarkan hasil tes dan dibuktikan dengan surat yang syah dari sekolah negeri yang bersangkutan, dibebani biaya administrasi sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) untuk gelombang I dan Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk gelombang II.
  2. Pindah ke sekolah lain masih dalam pelaksanaan MPLS atau sebelum tanggal 21 Juli 2018, dikenakan biaya administrasi Rp 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah)
  3. Pindah ke sekolah lain setelah MPLS selesai atau kegiatan belajar mengajar sudah dimulai (tanggal 23 Juli 2018), maka seluruh biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan
  4. Pindah ke sekolah lain setelah mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar selama tiga bulan (sampai dengan bulan Oktober 2018) berkewajiban menyelesaikan pembayaran Iuaran Penyelenggaraan Pendidikan (IPP)/SPP selama satu tahun (12 bulan)
  5. Biaya yang akan dikembalikan kepada calon peserta didik yang bersangkutan dilaksanakan paling lambat satu minggu sejak diterimanya surat permohonan pengunduran diri yang bersangkutan.

PROSEDUR PENERIMAAN PESERTA DIDIK  PINDAHAN

SMA Kosgoro menerima peserta didik pindahan dari sekolah lain yang sejurusan, sepanjang formasi ruang masih ada, memenuhi persyaratan, dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan berdasarkan kentuan yang berlaku.

PERSYARATAN UMUM

Secara  umum peserta didik pindahan yang dapat diterima oleh SMA Kosgoro adalah mereka yang telah menyelesaikan beban pelajaran pada jenjang yang telah dilalui dan tidak dalam status dikenakan sanksi serta memiliki perilaku yang baik (tingkat kehadiran baik) selama yang bersangkutan memiliki jenjang status akreditasi yang sama dengan SMA KOSGORO.

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Calon peserta didik pindahan terlebih dahulu menyampaikan secara tertulis permohonan pindah dengan dilampiri:
  • Surat Keterangan Pindah dari SMA asal
  • Surat Keterangan Pindah dari Dinas Pendidikan wilayah asal.
  • Buku rapor sekolah asal.
  • Bersedia mengikuti tes wawancara dan tertulis.
  • Setelah permohonan disetujui pemohon diwajibkan memenuhi seluruh persyaratan-persyaratan dan menempuh prosedur/tata cara penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019. Setelah seluruh persyaratan dan prosedur di atas dipenuhi oleh calon peserta didik yang  

Jl. Raya Pajajaran No. 217 A Bogor, Telp/Fax (0251) 8312505
Website : www.sma-skosgoro.sch.id; Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 ----- 000 -----