Berita

Tes Bakat dan Minat di SMA Kosgoro Bogor dalam Rangka Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi

 

 SMA adalah masa yang menyenangkan. Masa dimana pertemanan yang solid terjalin. Dimulainya merencanakan masa depan dengan mencari informasi terkait seputar studi lanjut ke peguruan tinggi.

Pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi sejatinya disesuaikan dengan bakat dan minat yang dimiliki. Bukan karena faktor-faktor ketergantungan terhadap suatu hal atau seseorang.

 

Bakat adalah potensi bawaan yang dimiliki oleh seseorang. Dalam arti lain bakat adalah kemampuan dalam diri seseorang yang sudah dimiliki sejak lahir. Dimana kemampuan tersebut dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan dengan hasil yang baik.

 

Bakat tak akan bisa terlepas dari minat. Seseorang yang memiliki bakat akan memiliki ketertarikan terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan bakatnya.

 

Minat sendiri merupakan ketertarikan seseorang terhadap suatu bidang atau aktivitas. Bakat tidak bisa dilihat hanya dari ketertarikan atau minat seseorang terhadap sesuatu saja. Melainkan dilihat dari kemampuannya dalam melakukan hal tersebut.

 

Dalam hal ini SMA Kosgoro Bogor memfasilitasi para siswa agar mampu dengan baik dan tepat memilih Jurusan di Perguruan Tinggi melalui TBS (Tes Bakat Skolastik).

TBS (Tes Bakat Skolastik) sering digunakan sebagai ujian masuk. Namun banyak yang belum mengetahui apa itu TBS. Secara sederhananya TBS adalah tes yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, dan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang (IQ). Biasanya tes ini nilainya akan menjadi pelengkap hasil prestasi.

Hasil TBS dapat mengungkap Kemampuan Umum (IQ), Kemampuan Khusus (Bakat), dan juga minat. Selain itu memberikan rekomendasi jurusan yang bisa dipilih di perguruan tinggi.

Tahun ini SMA Kosgoro Bogor bekerjasama dengan Biro Psikologi Smart Edu Psychotest untuk pelaksanaan TBS (Tes Bakat Skolastik).

SMA Kosgoro Bogor secara maksimal selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para siswanya. Agar mampu bersaing dengan sekolah lain dan mampu meraih cita-cita yang diinginkan.