Berita

Pemilu di SMA Kosgoro Bogor

Di pagi yang cerah, nampak anak-anak dengan pakaian khas sibuk mondar mandir dari ruang OSIS ke aula. Setelah dilihat lebih dekat, ternyata mereka merupakan panitia pemilihan ketua OSIS/MPK SMA Kosgoro Kota Bogor. Mereka sedang mempersiapkan acara Pemilihan Ketua OSIS/MPK periode 2022-2023. Sehari sebelumnya, para calon ketua OSIS yang berjumlah empat orang dan calon ketua MPK berjumlah tiga orang berkompanye di hadapan warga sekolah dengan menyampaikan visi-misi mereka jika terpilih menjadi ketua. Kegiatan ini merupakan pembelajaran bagi seluruh siswa/siswi tentang bagaimana tata cara pemilu.

            Pemilihan ketua OSIS/MPK SMA Kosgoro Bogor dibuka oleh Kepala Sekolah yaitu Bapak Herman Lasrin, S.P, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampakan bahwa ketua OSIS/MPK harus cerdas dan berkarakter. Sehingga mampu membawa perubahan bagi kemajuan sekolah dan menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya. Kepada para pemilih beliau pun berpesan agar memilih ketua yang terbaik, yang tercermin dalam perilaku sehari-hari.

            Kegiatan pemilu ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 20 September 2022. Kegiatan dibuka pukul 8.10 WIB. Diawali oleh Kepala Sekolah dan Wakasek, Pembina OSIS, serta dilanjut oleh siswa yang diawali dari kelas 10.1 sampai selesai. Para siswa/siswi nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut dan sangat bersemangat mendukung jagoannya. Para pemilih satu persatu dipanggil oleh panitia pendaftar dengan diberikan kartu suara. Pemilih masuk ke bilik suara yang disediakan panitia sebanyak tiga bilik suara. Setelah mereka mencoblos pilihannya, kemudian kartu suara dilipat kembali dan dimasukan ke kotak suara. Setelah selesai tak lupa pemilih wajib memasukan jarinya ke tinta sebagai bukti mereka telah menggunakan hak suaranya. Kegiatan pencoblosan berakhir pukul 14.55 WIB.

            Panitia langsung menyiapkan penghitungan suara dengan disaksikan oleh Pembina OSIS, para Calon Ketua OSIS/MPK dan para saksi lainnya. Suasana penghitungan berlangsung meriah dengan sarak sorai serta tepuk tangan dari para pendukung. Sekaligus membuat jantung berdegub kencang saat angka saling kejar mengejar.

            Tepat pukul 17.00 WIB penghitungan suara selesai, dengan hasil berikut:

Perolehan untuk Ketua OSIS:

  1. Nabila Lintana Zian mendapat 353 suara
  2. Josua Michael Simorangkir memperoleh 289 suara
  3. Siti aisyah Maharta memperoleh 61 suara
  4. Syafira Chairunnisa memperoleh 50 suara

Perolehan untuk Ketua MPK:

  1. Maura Salsabyla Dian Sastra memperoleh 397 suara
  2. Sarah Ayu Suryaningtyas memperoleh 275 suara
  3. Diva Nanda Javanad memperoleh 53 suara

Berdasarkan hasil tersebut maka Nabila Lintana Zain terpilih sebagai ketua OSIS dan Maura Salsabyla Dian Sastra terpilih sebagai ketua MPK masa bakti 2022/2023.