Berita

Kemah Pramuka SMA Kosgoro Kota Bogor

Berkemah merupakan salah satu kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara terbuka dan di lapangan luas. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk menambah ilmu serta wawasan kepramukaan. Biasanya berkemah untuk kepramukaan dilaksanakan oleh pihak sekolah. SMA Kosgoro Bogor kembali mengadakan kembali kemah pramuka angkatan setelah dua tahun tidak diadakan karena Pandemi Covid-19. Kegiatan pramuka kali ini hanya dikuti oleh kelas 10, pembina, waka bidang kesiswaan, dan beberapa Bapak/Ibu guru SMA Kosgoro Kota Bogor.

Kegiatan Pramuka kali ini juga diadakan pada tanggal 22-24 September 2022 dan di laksanakan di dua tempat berbeda yaitu tempat pertama di Aula Graha Solidaritas SMA Kosgoro dan yang kedua  di Grand Cempaka Resort, Cipayung Puncak.

Kegiatan pertama yaitu diawali apel pembukaan yang dilaksanakan pada hari Kamis (22/9/2022) di lapangan SMA Kosgoro Bogor, dengan dihadiri oleh peserta kemah, pembina pramuka, dan perwakilan dari kamabigus.

Kegiatan selanjutnya dengan pemberian materi di Aula Solidaritas SMA Kosgoro. Dengan mendatangkan pemateri dari luar sekolah yaitu Kak Agus dari Kwarcab membawakan materi terkait dengan sejarah kepramukaan, Kak Ali dari Kwarran yang juga membawakan materi terkait Pramuka yaitu kepenegakan , dan Kak Adi dari Saka Wirakartika membawakan materi mengenai satuan karya.

Pembina pramuka SMA Kosgoro sangat antusias dalam kegiatan kemah ini “Oke yang pertama senang dong, setelah dua tahun ternyata alhamdulillah ada lagi. Tapi ini juga, saya agak khawatir karena musim ya. Tapi ya, kita berusaha yang penting saya senang ada kemah, dan saya lakukan yang terbaik buat anak-anak.” Ujar Ferdy Andika, S. Pd.

Pada hari Jumat (23/9/2022) kegiatan perkemahan dilaksanakan di Grand Cempaka Camp and Resort, Cipayung. Para peserta berangkat menggunakan mobil truk Angkatan Darat dan di dampingi oleh para guru pertruk. Pada pukul 07.00 WIB dengan titik awal pemberangkatan di SMA Kosgoro Kota Bogor dan tiba di tempat kemah sekitar pukul 09.15 WIB, selanjutnya para peserta kemah di persilahkan untuk mengatur serta membawa barang bawaan di dalam tenda dan segera melaksanakan apel pembukaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi Dasa Dharma oleh Kak Abdullah selama satu jam selanjutnya dilanjut dengan istirahat dan solat, serta makan siang bersama. Setelah itu dilanjutkan pula materi Kepramukaan oleh Kak Andika diujung materi pun ada kegiatan kuis bagi para peserta kemah, disana para peserta sangat antusias menjawab kuis-kuis yang telah diberikan. Setelah kegiatan materi yang terakhir para peserta melakukan lomba masak nasi goreng antar sangga, namun acara tersebut bisa di bilang kurang berhasil karena keadaan hujan yang turun secara tiba-tiba dan ada beberapa tenda yang rembes dan bocor, sehingga fokus acara lomba masak nasi goreng tersebut terpecah menjadi mengurusi barang bawaan yang basah. Hujan pun mulai mereda, akhirnya para peserta pun kembali berkumpul di aula untuk melakukan kegiatan keagamaan yaitu sholat magrib berjamaah walaupun kondisinya telat akibat hujan yang melanda. Karena ada beberapa kendala waktu kegiatan sebelumnya maka ada perubahan jadwal, sehingga materi Dasa Dharma yang dibawakan oleh kak Ferdy Andika, S. Pd di hapuskan di lanjutkan pada pukul 19.00 WIB langsung diadakannya sholat isya berjamaah lalu dzikiran dan makan malam. Setelah itu dilanjutkan dengan api unggun dan unjuk bakat yang selesai pada pukul 23.00 WIB karena ada keterlambatan acara dan dilanjutkan dengan tidur di aula.

Pada hari Sabtu (24/9/2022) diadakan kegiatan lapangan yaitu games antar kelas yang terdapat di empat pos. Pos 1 menjawab pertanyaan, pos 2 tebak kata, pos 3 estafet tepung, dan pos 4 rangkai kata.

Setelah kegiatan lapangan selesai, para peserta sarapan pagi lalu melaksanakan apel penutupan yang diakhiri dengan pengumuman pemenang dengan pos terbaik, yel-yel terbaik, dan peserta terbaik. Setelah itu persiapan pulang menuju SMA Kosgoro. Para peserta pun tiba kembali di SMA Kosgoro sekitar pukul 11.45 WIB.

 

Apel Pagi Kepramukaan. Kamis, 22 September 2022

 

Kegiatan Materi Dasa Dharma. Jumat, 23 September 2022

 

Kegiatan Materi Kepenegakan. Kamis, 23 September 2022

 

Apel Pagi Kemah Pramuka. Jumat, 23 September 2022

 

Para Peserta baru tiba di tempat perkemahan

 

Lomba masak

 

Pemenang pos terbaik, yel-yel terbaik, dan peserta terbaik

 

Kegiatan pos 1 menjawab pertanyaan