Berita

Tim Perpustakaan SMA Kosgoro Kota Bogor Berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk Inspirasi Pembaruan

Rabu, 12 Juni 2024. Kali pertama tim perpustakaan SMA Kosgoro Kota Bogor berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 11 Jakarta Pusat 10110. Dalam rombongan turut serta Kepala Sekolah dan  guru-guru yang tergabung dalam tim perpustakaan SMA Kosgoro Kota Bogor. Tujuan dari kunjungan mereka ke Perpustakaan Nasional adalah untuk melakukan studi tiru dan memetik inspirasi dalam rangka meningkatkan fasilitas perpustakaan di sekolah.

Saat rombongan tiba di Perpustakaan Nasional, rasa kagum langsung menyelimuti mereka memasuki gedung Cagar Budaya berisi sejarah literasi Indonesia. Lalu, para anggota tim mengunjungi area termegah perpustakaan tersebut, dari ruang baca hingga ruang layanan koleksi nusantara. Mereka mengamati unit layanan koleksi anak, layanan foto, peta dan lukisan hingga mini teater. Betapa bagusnya pengaturan ruangan yang nyaman untuk pembaca. Hal ini, patut ditiru untuk meningkatkan minat baca siswa. Kebetulan saat berkunjung sedang adanya pameran seni “Ruah Karsa” dari salah satu SMK Multimedia di Jakarta. Fasilitas multimedia area yang tersedia menggunakan teknologi yang maju. Kemajuan teknologi tersebut menjadi dorongan besar bagi tim perpustakaan SMA Kosgoro untuk memperbarui fasilitas perpustakaan sekolahnya.

Setelah kunjungan yang dipenuhi dengan wawasan ini, tim perpustakaan SMA Kosgoro pulang dengan semangat baru. Tim perpustakaan SMA Kosgoro Kota Bogor akan menerapkan berbagai pengetahuan dan gagasan yang mereka dapatkan dari Perpustakaan Nasional ke dalam rencana pembaruan fasilitas di perpustakaan sekolah. Langkah ini diharapkan akan membuka pintu baru bagi siswa untuk mengeksplorasi dunia literasi dengan lebih menyenangkan dan bermanfaat. Dengan semangat studi tiru dan semangat meningkatkan fasilitas, tim perpustakaan SMA Kosgoro Kota Bogor siap memberikan yang terbaik bagi para pengguna perpustakaan sekolah.