Berita

Siswa SMA Kosgoro Kota Bogor Literasi Budaya melalui Observasi Situs Prasasti Batu Tulis Kerajaan Sunda Padjajaran dalam Rangka Peringatan Hari Purbakala

Bogor, 25 Juni 2024 sebanyak 22 siswa yang tergabung dalam tim Duta Literasi dan OSIS serta MPK SMA Kosgoro Kota Bogor meningkatkan kemampuan literasi budaya melalui kegiatan observasi peninggalan-peninggalan sejarah Sunda Padjajaran. Bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Purbakala ke-111 dengan tema Culture and Creativity Tahun 2024 dan HUT SMA Kosgoro ke-36 tahun maka kegiatan ini diselenggarakan bersamaan di Aula Museum Padjajaran. Acara dibuka oleh Bapak Dian Herdiawan Kepala Bidang Kebudayaan Kota Bogor kemudian para siswa diajak untuk observasi menjelajahi warisan budaya benda batu tulis dan bersih-bersih yang dipandu oleh komunitas napak tilas yang diketuai oleh Hendra Wijaya. Beliau menjelaskan sejarah Prasasti Batu tulis, Situs Batu Conkrang, Situs Purwakalih, Benteng pertahanan masa kerajaan Sunda dan Bungker Cipaku serta melihat stasiun batu tulis dari kejauhan. Setelah observasi dilakukan, seluruh tim kembali ke aula untuk melanjutkan sesi kegiatan selanjutnya yaitu menyaksikan apreasiasi berupa tiup lilin dan potong kue dan performance tarian sunda oleh Anisa dari SMA Kosgoro.

Acara selanjutnya, para siswa mendengarkan pemaparan materi dan diskusi dari narasumber Ir. Dewi Djukardi, S.H., M.H. (TACB Kota Bogor) mengenai Apa dan Bagaimana pelestarian cagar budaya. Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh Bapak Dedie Rachim calon Wali Kota Bogor. Pemateri kedua oleh Muhamad Alnoza, S.Hum., M.A. (Niskala Institute) mengenai Jejak-jejak Kerajaan Sunda. Serta para siswa mendengarkan penjelasan mengenai Golok menuju Unesco oleh Bapak Gatut Susanta, beliau pelestari Golok Pedang Sepuh Nusantara. Dari diskusi dan pemaparan materi dari pakar-pakar budaya tersebut, para siswa mendapat berbagai pengetahuan serta wawasan bagaimana melestarikan peninggalan sejarah dan menghargai warisan budaya. Tampak para siswa sangat antusias dalam kegiatan ini dengan upaya mencatat dan bertanya kepada narasumber. Berbaur dengan para budayawan dan sesepuh pelestari budaya Kota Bogor, tentu pengalaman yang sangat berharga bagi siswa SMA Kosgoro Kota Bogor. Dari hasil kegiatan observasi ini, diharapkan para siswa dapat menghasilkan sebuah karya berupa artikel atau tulisan mengenai informasi apa saja yang mereka temui dari observasi peninggalan sejarah tersebut sehingga pengetahuan yang didapat dapat dibagikan kepada teman-teman di sekolah. Salam Literasi.

  

Pembukaan oleh Bapak Dian Herdiawan Kepala Bidang Kebudayaan Kota Bogor.

 

 

Observasi dan penjelasan tentang situs Batu tulis.

 

   

Observasi Situs Arca Purwakalih                                                           Performance Tarian Sunda

   

Tiup lilin HUT Purbakala dan SMA Kosgoro.               Penjelasan mengenai sejarah Golok

 

  

Foto bersama dengan Budayawan dan Siswa SMA Kosgoro Kota Bogor.

Observasi Bungker Cipaku.

 

   

 Penjelasan Golok menuju Unesco                            Pemaparan materi oleh Ir. Dewi Djukardi.

   

 Sambutan Bapak Dedie Rachim.                                      Pemaparan materi oleh Muhamad Alnoza.

 

Foto bersama Budayawan Salam Literasi

 

Foto bersama Budayawan Salam Literasi