Berita

Studi Tiru ke SMA Negeri 3 Singaraja Bali: SMA Kosgoro Bogor Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kolaborasi Sekolah Penggerak

Pada tanggal 11 Oktober 2024, SMA Kosgoro Bogor melaksanakan kegiatan kunjungan studi tiru ke SMA Negeri 3 Singaraja Bali. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMA Kosgoro dengan tujuan memperdalam pemahaman tentang program Sekolah Penggerak dan bagaimana penerapannya dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Studi tiru ini merupakan bagian dari upaya SMA Kosgoro Bogor untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan. Program Sekolah Penggerak menjadi fokus utama kunjungan ini. Dalam paparan presentasi Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Singaraja, beliau menjelaskan awal mulanya sekolah tersebut mengikuti program sekolah penggerak. Di sisi lain guru-gurunya pun ada yang sudah menjadi guru penggerak. Hal ini patut menjadi motivasi guru-guru SMA Kosgoro Kota Bogor. Meskipun, sekolah tersebut menghadapi tantangan dalam menjalankan program ini. Berkat kerja sama dan kekompakan guru-guru, mereka dapat menjalankan program sekolah penggerak ini dengan inovasi-inovasi yang dilakukan. Selain itu,  para guru dan karyawan SMA Kosgoro Kota Bogor berkesempatan melihat langsung bagaimana program ini diimplementasikan dalam lingkungan sekolah. Melihat proses belajar mengajar saat itu, manajemen sekolah bagian perpustakaan, bimbingan konseling (BK), UKS, dan adanya kewirausahaan di bidang pertanian, perikanan hingga keterlibatan siswa dalam kegiatan sekolah melalui duta-duta yang ada di sekolah tersebut. Hal ini tampak pada saat penyambutan tamu, mengatur acara dan mengantar tamu berkeliling lingkungan sekolah. Dengan meniru keberhasilan sekolah penggerak SMA Negeri 3 Singaraja ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi SMA Kosgoro Kota Bogor untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan.

Setelah kunjungan resmi ke SMA Negeri 3 Singaraja, rombongan melanjutkan kegiatan dengan rekreasi yang juga dimanfaatkan sebagai momen refresing. Lokasi-lokasi wisata seperti menikmati keindahan Danau Bedugul, menyaksikan pertunjukkan Tari Barong, suasana pagi di Pantai Kuta, dilanjutkan perjalanan menuju Desa Penglipuran, Kintamani memberikan suasana santai yang memungkinkan para guru dan karyawan melihat pemandangan dan mempererat kebersamaan. Berswafoto antara tebing terbelah dua di Pantai Pandawa, Pantai Pura Luhur Tanah Lot. Menyaksikan pertunjukkan Tari Kecak Garuda Wisnu Kencana, dilanjutkan makan malam ditemani angin pantai. Ombak berdesir sambil menyantap seafood dan seruput air kelapa muda diiringi tarian Bali dari penari yang gemulai menambah kenikmatan suasana makan malam menutup rangkaian perjalanan ini dengan pengalaman tak terlupakan yang memberikan suasana tenang dan inspiratif.

 

 

                                                Foto bersama kegiatan studi tiru SMA Negeri 3 Singaraja Bali

 

 

 

               Foto bersama saat rekreasi bersama SMA Kosgoro Kota Bogor Goes to Bali