Berita

Pelaksanaan P5 di SMA Kosgoro Kota Bogor

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis Proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak. Pada tahun ajaran 2022/2023 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.

 Profil Pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

     Pada saat pelaksanaan P5 dengan proyek pertama yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, peserta didik kelas 10 di SMA Kosgoro Bogor menggunakan sistem moving class. Peserta didik berpindah kelas agar mendapatkan informasi dan berbagi informasi dari teman-teman atau guru yang membimbingnya. Proyek satu kelas yang sesuai dengan tema Proyeknya sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Perhitungan waktu pelaksanaan P5 dalam satu tahun 486 jam pelajaran atau 30% dari alokasi total jam pelajaran. SMA Kosgoro memilih tiga Proyek dalam 1 tahun, sehingga tiap proyek memiliki alokasi waktu 162 jam pelajaran.

Tiga tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dipilih SMA Kosgoro, sebagai berikut.

  1. Proyek 1 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Proyek 2 dengan tema Kewirausahaan,
  3. Proyek 3 dengan tema Bhineka Tunggal Ika.

 Proyek yang dilaksanakan saat ini adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, proyek ini dibagi 8 Kelompok dalam setiap kelas:

  1. Kelompok Maggot
  2. Kelompok Ecoenym
  3. Kelompok Ecobrick
  4. Kelompok Sabun cair mijel
  5. Kelompok pembuatan lilin mijel
  6. Kelompok sabun padat mijel
  7. Kelompok eccoprint
  8. Kelompok pemanfaatan kaleng