Berita

LDK OSIS/MPK SMA Kosgoro Bogor

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan suatu kegiatan yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang siap menjadi pemimpin dikemudian hari. OSIS/MPK merupakan organisasi di sekolah yang mempersiapkan peserta didik untuk menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan.

OSIS/MPK merupakan garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sekolah yang erat hubungannya dengan pembinaan kesiswaan. Oleh sebab itu, diperlukan pengurus  yang terlatih dalam merancang kegiatan kegiatan tersebut.

Mengingat betapa pentingnya peran OSIS/MPK di sekolah maka kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS/MPK tahun pelajaran 2022/2023 pun dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 8-10 september 2022. Adapun materi yang diberikan terdiri dari materi kepemimpinan, keorganisasian, tata tertib, bela negara, pembuatan proposal, baris-berbaris, keagamaan, games, pembinaan dari panitia, dan outbond.

Kegiatan diawali dengan pembukaan LDK oleh Kepala Sekolah, Bapak Herman Lasrin, S.P.,M.Pd. Pada saat sambutan beliau menyampaikan bahwa kegiatan LDK agar tidak hanya seremonial saja melainkan kegiatan yang mampu membentuk karakter pengurus yang siap mengabdikan dirinya secara terus menerus bagi kemajuan sekolah sehingga diharapkan menjadi pemimpin di masa depan. Lebih jauh beliau menyampaikan karakter yang harus dimiliki siswa  seperti yang termaktub dalam Profil Pelajar Pancasila.  

Hari ketiga seluruh peserta dan panitia menginap di sekolah dengan didampingi oleh enam guru. Kegiatan diakhiri dengan outbond yang dirancang oleh panitia. Setelah itu, penutupan kegiatan LDK ditutup oleh Kepala Sekolah sekaligus pemberian apresiasi berupa hadiah bagi kelompok terbaik.