Berita

Mengapa  Harus Belajar Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan  di seluruh dunia.  Bahasa Inggris menyebar ke seluruh dunia sebagai akibat penyebaran kebudayaan dan perkembangan teknologi.  Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Ada banyak alasan mengapa kita harus mempelajari Bahasa Inggris  selain sebagai bahasa Internasional, berikut paparannya:

  1. Bahasa Inggris sebagai kunci untuk mendapatkan berbagai pengetahuan dari berbagai penjuru dunia. Dengan memahami Bahasa Inggris, kita bisa mendapatkan berbagai informasi salah satu sumbernya adalah  melalui buku berbahasa inggris. Dengan memahami Bahasa Inggris tentu lebih banyak buku berbahasa Inggris  yang dapat dibaca, secara otomatis ilmu pengetahuan yang didapat akan lebih banyak dan tidak terbatas hanya membaca buku-buku berbahasa Indonesia saja. Dengan penguasaan Bahasa Inggris, tentu berbagai disiplin ilmu  lebih banyak kita dapatkan.

 

  1. Penguasaan Bahasa Inggris juga lebih banyak berperan saat kita menggunakan media elektronik. Hal ini dikarenakan saat ini menjadi sangat umum bagi kita untuk mendapatkan informasi melalui media elektronik. Dengan pemahaman Bahasa inggris yang baik, tentu memudahkan si pengguna untuk memahami instruksi-instruksi atau informasi-informasi berbahasa InGgris yang umumnya digunakan dalam media elektronik.
  2. Penguasaan Bahasa Inggris juga sangat diperlukan dalam studi Dengan penguasaan Bahasa Inggris yang baik, siswa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk melanjutkan pendidikan di negara lain yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

 

  1. Dunia kerja saat ini membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan lebih, diantaranya pemahaman komputer dan Bahasa Inggris. Seorang calon pekerja yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris tentu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima di perusahaan yang Bagus. Perusahaan yang bagus biasanya melakukan perekrutan karyawan dengan mensyaratkan kemampuan Bahsa Inggris, baik dalam pembuatan CV, surat lamaran kerja maupun saat wawancara. Setelah diterima sebagai karyawan, kesempatan berkarir yang lebih cemerlang juga terbuka lebar. Hal ini dikarenakan dengan kemampuan bahasa inggris yang baik, seorang karyawan memungkinkan mendapatkan kesempatan untuk ditempatkan diluar negeri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama nya.

 

  1. Kemampuan Bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan untuk para pelaku wirausaha, dengan kemampuan tersebut mereka dapat melakukan kerjasama dengan pihak luar yang menggunakan Bahasa Inggris sebagi bahasa lingua franca. Dengan demikian usaha yang dilakukan tentu akan berdampak lebih luas. Selain itu, mereka juga dapat melakukan ekspansi usaha sampai  ke luar negeri.

 

Begitu banyaknya manfaat  yang didapat saat kita menguasai  Bahasa Inggris bagi kehidupan sehari- hari, maka Bagaimana cara mempelajari Bahasa Inggris yang efektif? Ada banyak hal yang dapat dilakukan, berikut beberapa diantaranya:

  1. MengIkuti kursus Bahasa Inggris

Dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris , memungkinkan seseorang memiliki kesempatan untuk belajar Bahasa Inggris  dengan waktu yang lebih lama, tidak tebatas seperti di sekolah serta lebih terarah . Di tempat kursus semua aspek dari bahasa Inggris dapat dipelajari lebih dalam, baik dalam pelatihan listening, writing, reading maupun speaking. Di tempat kursus Bahasa Inggris, peserta kursus akan lebih bersemangat belajar karena akan bersama orang-orang yang juga memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar Bahasa Inggris, sehingga lebih memudahkan peserta kursus untuk mempelajarinya.

 

  1. Menghapalkan Kosa Kata Baru Secara Konsisten

kiat yang dapat dipakai untuk menghapalkan Bahasa Inggris, harus dilakukan terus menerus, dengan menuliskan kata-kata baru dan menghapal artinya dan belajarlah mengaplikasikannya baik secara tulis, lisan, mendengkan maupun dalam mempelajari bacaan.

Dengan menghapal kata-kata baru berbahasa Inggris, memungkinkan kita untuk dapat memiliki perbendaharaan kata berbahasa Inggris yang lebih banyak. Bila kita memiliki lebih banyak kosa kata, maka akan mempermudah kita untuk memahami Bahasa inggris tulis dan dapat memperlancar kegiatan berkomunikasi secara verbal.

 

  1. Sering Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tips mudah belajar bahasa inggris secara cepat dengan cara sering mendengar lagu dari bahasa Inggris. Saat mendengarkan musik berbahasa Inggris, kamu perlu melihat lirik lagu. Dari teks yang dibaca, akan membantu kamu belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar. Cara ini adalah cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan

 

  1. Sering menonton Film Berbahasa Inggris

Tips mudah belajar bahasa inggris yang menyenangkan adalah menonton film berbahasa Inggris. Jadi, menonton film dari luar yang disertai dengan subtitle juga sangat membantu kamu. Setidaknya, di dalam film ada banyak kosa kata baru dan banyak kosa kata yang akan terus diulang-ulang. Pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya.

 

  1. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Cara efektif belajar bahasa Inggris agar efektif adalah membaca buku novel berbahasa inggris. Misalnya buku novel keluaran dari luar negeri. Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kamu akan belajar banyak kosa kata baru.

Saat kamu membaca buku berbahasa Inggris,  pasti kamu dituntut untuk berhadapan menggunakan kamus. Karena sudah dapat dipastikan kamu di sana juga akan menemukan banyak kosa kata asing. Jika perlu, catat setiap kosa kata asing dan terjemahkan dicoretan buku. Maka dengan alamiah, secara tekun kamu pun akan mahir dengan sendirinya.

 

  1. Belajar Menulis Dalam Bahasa Inggris

Cara lain berlatih Bahasa Inggris adalah dengan belajar menulis menggunakan kalimat inggris. Tulislah kalimat sederhana dan mudah menggunakan bahasa inggris. Cara ini juga akan memudahkan kamu untuk lebih familiar dan akrab menggunakan bahasa Inggris.

 

  1. Berteman Dengan teman yang menggunakan Bahasa Inggris aktif

Tips mudah belajar bahasa inggris yang bisa kamu coba yang lain adalah berteman dengan orang asing. Membangun pertemanan dengan beberapa orang yang pandai berbahasa asing tentu saja lebih efektif. Karena kamu bisa mencoba mengajak berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Kelebihan lain, saat berkomunikasi ada bahasa yang kurang, kamu biisa meminta masukan dan diajarkan kalimat yang baik dan benar bagaimana.

Kelebihan lain dari belajar berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa asing. Misalnya kamu melakukan dialog yang salah dan kurang, kamu pun tidak terlalu malu setengah mati. Karena kamu pun berkomunikasi dengan teman sendiri. Salah pun bisa dimaklumi.

  1. Ubah Bahasa di Gadget dengan Bahasa Inggris

Setiap gawai seperti smartphone sampai komputer memiliki bahasa yang bisa kita atur, untuk membantu kita dalam belajar bahasa inggris kita bisa mengaturnya agar dalam mode bahasa inggris.

Dengan begitu, kita akan sedikit terbiasa dengan kata-kata dalam bahasa inggris. Kata-kata seperti nama hari, jam, emergency call, search, reorder dan masih banyak lagi.

 

  1. Manfaatkan YouTube

Selain dengan kursus yang berbayar, ada alternatif lain untuk belajar bahasa inggris yaitu dengan menonton video di YouTube. Banyak channel yang membatu semua orang memahami bahasa inggris.

 

Dalam upaya mempelajari bahasa Inggris , SMA Kosgoro membentuk ekskul English Club. Setiap tahunnya animo siswa untuk bergabung dalam English Club sangat besar. Kegitan English Club diselenggarakan satu minggu sekali. Dalam ekskul English Club, siswa diberikan kesemptan untuk belajar Bahasa Inggris melalui, empat tahap keterampilan yaitu Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), dan speaking (berbicara). Dengan hadirnya English Club diharapkan ekskul ini dapat menjadi wadah bagi para siswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuan para siswa dalam berbahasa Inggris. Selain itu, setiap tahun eksul English Club juga mengadakan kegiatan Kompetisi Berbahasa Inggris. Adapun Lomba yang diadakan antara lain:

  1. Speech contest
  2. Story telling contest
  3. Writing essay contest
  4. English quiz
  5. Song cover competition

Kompetisi yang diadakan English club sejauh ini memberikan kesempatan siswa untuk menujukkan kemampuan mereka berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris, serta menumbuhkan kepercayaan diri para siswa untuk berkomunikasi di depan umum. Semoga kegiatan ini akan tetap dilaksanakan setiap tahunnya.