Berita

KOBARAN (KOLABORASI BERSAMA TUJUH BELASAN)

 Apa itu hari Kemerdekaan? Hari Kemerdekaan adalah suatu hari dimana suatu daerah bangsa/negara yang menyatakan kemerdekaan bangsa maupun negaranya. Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada Jum’at 17 Agustus 1945 melalui pembacaan proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta yang berlokasikan di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta Pusat Pukul 10 Pagi. Biasanya disetiap daerah mengadakan perlombaan guna memeriahkan hari kemerdekaan.

Maka dari itu SMA Kosgoro Kota Bogor dan OSIS/MPK menyelenggarakan perlombaan 17 Agustus yang bertema “Kobaran Jiwa Yang Menyatu Dengan Merah Putih” dan bernama KOBARAN (Kolaborasi Bersama Tujuh Belasan). Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, meningkatkan jiwa nasionalisme siswa/siswi, mampu meningkatkan solidaritas antar siswa, membangun rasa gotong royong antar siswa, membangun tali silaturahmi antar kelas.

 

Acara Kobaran ini dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis, tanggal 13-15 Agustus 2024 di Lapangan dan Aula Graha Solidaritas SMA Kosgoro Kota Bogor. Acara di awali dengan Apel Pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Herman Lasrin, S.P, M.Pd Selaku Kepala

Sekolah SMA Kosgoro Kota Bogor pada hari Selasa tanggal 13 Agutus 2024 pukul 7.30 WIB Pagi.

Pada event Kobaran ini terdapat 6 mata lomba diantaranya yaitu:

 

  1. Lomba Tahunan ( Estafet Hula Hoop Tujuh Belasan )

Lomba ini dilakukan dengan berkelompok yang beranggotakan 8 orang dengan cara mengestafetkan Hula Hoop bersama anggota yang lainnya hingga garis finish.

  1. Lomba Pertambangan ( Perlombaan Tarik Tambang Tujuh Belasan )

Lomba ini dilakukan dengan berkelompok yang beranggotakan 10 orang ( 3 orang perempuan dan 7 orang laki-laki ) dengan cara saling menarik tali tambang antar tim lawan hingga salah satu tim melewati garis yang telah ditentukan.

 

 

       3. Lomba Bakaran ( Balap Karung Tujuh Belasan )

Lomba ini dilakukan secara individu dengan cara berjongkok dan lompat menggunakan karung dengan memakai helm dikepala hingga garish finish yang telah ditentukan.

  1. Lomba Kilasan ( Keindahan dan Kebersiha Kelas Tujuh Belasan )

Lomba ini dilakukan dengan antar kelas, dengan cara menghias dan membersihkan kelas. Pemenangnya adalah, kelas yang memenuhi kriteria kelas yang bersih dan indah yang telah dtentukan oleh juri.

 

  1. Lomba Tautan ( Tanding Futsal Tujnh Belasan )

Lomba ini dilakukan dengan berkelompok yang beranggotakan 5 orang. Dengan cara bermain futsal dengan menggunakan sarung hingga pertandingan berakhir dengan tim yang paling banyak memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Pada lomba Tutan ini juga, diadakan unjuk bakat kelas berupa suporteran untuk mendukung kelas nya masing-masing. Kelas dengan Suporter dan Maskot yang paling kompak dan heboh akan memenangkan lomba Unjuk Bakat Kelas.

  

  1. Lomba Menawan ( Menggambar Pahlawan Tujuh Belasan )

Lomba ini dilakukan secara individu, dengan cara menggambar poster yang bertemakan pahlawan dengan memasukkan hal yang berkaitan dengan, Bullying, Intoleransi, dan Pelecehan Sexual. Penilaian melalui kerapihan, kesesuaian tema, dan kekreatifan. Peserta juga harus membuat dokumentasi berupa video proses pembuatan yang harus di upload melalui Instastory Instagram masing masing peserta.