Berita

Peringatan HUT RI ke-79 di SMA Kosgoro Bogor

 

 

  

(Gambar Upacara Bendera 17 Agustus 2024 di SMA Kosgoro)


Dimulai dari Upacara Bendera hingga “KOBARAN” untuk Guru dan Siswa. 

Pada tanggal 17 Agustus 2024, SMA Kosgoro mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI. Upacara ini berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 08.00 WIB di lapangan SMA Kosgoro. Upacara ini dihadiri oleh Bapak Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro, Bapak Kepala Sekolah SMA Kosgoro, Bapak dan Ibu guru SMA Kosgoro, serta seluruh siswa SMA Kosgoro.

Upacara bendera 17 Agustus 2024 di SMA Kosgoro berlangsung kondusif. Para peserta upacara tampak khidmat mengikuti jalannya upacara. Kepala sekolah SMA Kosgoro, Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd. selaku pembina upacara menyampaikan amanat kepada siswa- siswi SMA Kosgoro untuk selalu menjaga nilai-nilai kemerdekaan.

Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd. menyampaikan peringatan HUT RI ke-79 tidak hanya dijadikan sebagai upacara seremonial saja. Dalam momen ini, kita perlu memperhatikan capaian bangsa Indonesia dalam hal pembangunan, kemajuan pendidikan, dan aspek lainnya. Peringatan HUT RI ke-79 ini diharapkan dapat meningkatkan semangat pelajar dalam menjaga nasionalisme hingga bangsa kita dapat mencapai Indonesia Emas di tahun 2045. Akan terlihat bagaimana kontribusi dari pemerintahan saat ini terhadap kemajuan pendidikan, kemajuan bidang-bidang lain karena yang dilakukan pemerintah sekarang bisa berdampak pada seluruh lapisan masyarakat. Seperti slogan yang sudah disampaikan selama ini “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Jangan sampai slogannya membombantis, tetapi tidak memberikan dampak bagi masyarakat.

 

 

(Gambar upacara 17 Agustus 2024 di SMA Kosgoro)

 

Bapak Nugraha Artha K, S.Pd. sebagai guru Pendidikan Jasmani dan Rohani SMA Kosgoro menyampaikan bahwa nasionalisme di SMA Kosgoro sudah cukup bagus bisa dilihat dari segi penampilan seperti menggunakan seragam dengan rapih dan dilengkapi atribut yang lengkap sesuai dengan peraturan setiap harinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai penampilan yang berciri khas khususnya di kalangan pelajar, contohnya seragam putih abu SMA dilengkapi dengan bendera merah putih, lambang osis, nama sekolah, serta kotanya. Konsistensi siswa-siswa dalam berpakai tersebut dapat menjadi sebuah kebiasaan yang bernilai positif.

Selanjutnya, salah satu siswa kelas X SMA Kosgoro bernama Silva yang bertugas sebagai pasukan pengibar bendera upacara 17 Agustus 2024 di SMA Kosgoro menyampaikan bahwa pengalamannya ini sangat berharga. Silva merasa bahagia karena mendapatkan kesempatan menjadi bagian pasukan pengibdar bendera merah putih. Di satu sisi, ia merasa terharu bisa mengantarkan sang merah putih berkibar di langit, di sisi lain ia merasa bangga karena ini merupakan pengalaman pertamanya.

Sementara itu, pada hari sebelumnya, tanggal 13-15 Agustus 2024, SMA Kosgoro mengadakan acara KOBARAN, yaitu Kolaborasi Bersama Tujuh Belasan untuk meriahkan HUT RI KE 79. Peserta dalam kegiatan KOBARAN adalah siswa kelas X, XI, dan XII SMA Kosgoro. Semua peserta sangat antusias dalam kegiatan ini. Hal tersebut dilihat dari peserta yang membuat baju ciri khas kelas dan mengadakan maskot kelas sebagai supporter untuk mendukung perwakilan kelas yang sedang mengikuti lomba.

Tidak hanya siswa, bapak dan ibu guru SMA juga terlihat sangat antusias dalam memeriahkan kegiatan ini. Bapak dan ibu guru SMA Kosgoro ikut berpartisipasi mengikuti lomba seperti pertandingan futsal yang diikuti oleh bapak guru dan pertandingan voli yang diikuti oleh ibu guru. Adapun, lomba yang diikuti siswa-siswi SMA Kosgoro dalam kegiatan KOBARAN adalah lomba Tarik Tambang, KILASAN (Kebersihan dan Keindahan Kelas), Tautan (tanding futsal tujuh belasan), Bakaran (Balap Karung Tujuh Belasan), Menawan (Menggambar Pahlawan Tujuh Belasan), dan Unjuk Bakat Lomba Suporter Futsal. Kegiatan lomba ditutup dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah pada tanggal 19 Agustus 2024.

 

 

(Gambar pertandingan futsal siswa)

 

(Gambar perlombaan tarik tambang siswa)

 

(Gambar pertandingan futsal bapak guru laki-laki)

 

(Gambar pertandingan voli ibu guru perempuan)

 

Seperti semboyan yang diucapkan oleh Ir. Soekarno, “Jasmerah” yang memiliki arti Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah”, peringatan HUT RI ke-79 ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi seluruh bangsa Indonesia terutama generasi muda untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan rasa nasionalisme sehingga dapat menjadi cikal bakal untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah.