Berita

PEMILIHAN DEWAN KEPENGURUSAN UNIT (DKU) BARU PMR UNIT SMA KOSGORO BOGOR TAHUN 2024/2025

 

Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter kepalang merahan agar siap menjadi relawan PMI pada masa depan. Pemimpin adalah seseorang yang memimpin dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Pemimpin biasanya memiliki kemampuan untuk membuat keputusan, menginspirasi, dan mengarahkan tim atau kelompok agar dapat bekerja sama secara efektif. Selain itu, pemimpin seringkali juga bertanggung jawab atas perencanaan strategis, pengelolaan sumber daya, dan pengembangan individu dalam timnya.

Dengan demikian untuk menentukan pemimpin sebagai PMR, maka pada tanggal 21 Agustus 2024, Unit PMR SMA Kosgoro telah mengadakan Pemilihan DKU Tahun 2024/2025. Kegiatan ini dilakukan di Aula Graha Solidaritas SMA Kosgoro Kota Bogor, kegiatan ini adalah sebuah agenda yang perlu dilaksanakan oleh Unit PMR SMA Kosgoro, dengan tujuan pemilihan kepengurusan baru. Hal ini untuk pertama kalinya Unit PMR SMA Kosgoro melaksanakan Pemilihan DKU secara langsung, sebelumnya Pemilihan DKU dilakukan secara daring, dikarenakan covid-19. Acaranya pun dibantu oleh panitia SC (Stering Comunity).

Kegiatan ini dihadiri oleh 39 anggota, 1 pembina, dan 1 pelatih PMR SMA Kosgoro, dan turut disaksikan oleh anggota baru Unit PMR SMA Kosgoro. Masing-masing anggota mempunyai pilihan nya tersendiri untuk memilih pengurus yang baru, dalam pemilihan ini Unit PMR SMA Kosgoro Kota Bogor memiliki 6 calon, yaitu: Nadia Nasjwa Risman, Khairunnisa Nanda Andriyani, Silvia Rohendra, Clarista Reswara, Muhammad Fardhan, dan Nava Kalash Varali. Pemilihan ini menggunakan sistem pencoblosan, yang dimana setiap anggota wajib memilih satu dari 6 calon tersebut. Saat perhitungan suara terbanyak, ada 2 suara yang tidak sah.

Hasil dari suara yang terbanyak adalah Silvia Rohendra dengan 14 suara, suara terbanyak kedua adalah Nadia Nasjwa Risman dengan 11 suara, suara terbanyak ketiga adalah Muhammad Fardhan dengan 5 suara, suara terbanyak keempat adalah Khairunnisa Nanda Andriyani dengan 5 suara, suara kelima adalah Nava Kalash Varali dengan 1 suara dan suara terakhir adalah Clarista Reswara dengan 1 suara.

Hasil Pemilihan DKU dengan suara terbanyak diraih oleh Silvia Rohendra sebagai Ketua Unit PMR SMA Kosgoro Tahun 2024/2025. Dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Kepengurusan oleh Pengurus Lama Tahun 2023/2024, sekaligus Serah Terima Jabatan kepada Pengurus Baru PMR Unit SMA Kosgoro Bogor.

Dalam setiap organisasi, termasuk Palang Merah Remaja (PMR), pemilihan Dewan Kerja Unit (DKU) merupakan momen krusial yang mempengaruhi arah dan efektivitas kegiatan. Melalui proses pemilihan yang transparan dan partisipatif, diharapkan DKU yang terpilih akan mampu memimpin dan menginspirasi anggota PMR untuk terus berkontribusi positif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.  Keterlibatan aktif setiap anggota dalam proses pemilihan sangat penting untuk memastikan bahwa suara mereka didengar dan keputusan yang diambil mencerminkan kepentingan bersama. Dengan dukungan dan komitmen yang kuat dari seluruh anggota, DKU yang terpilih akan memiliki landasan yang solid untuk mencapai tujuan bersama, menghadapi tantangan, dan meraih kesuksesan dalam setiap program yang dijalankan.

Mari kita terus mendukung dan bekerja sama dalam membangun PMR Unit SMA Kosgoro yang lebih baik dan berdampak, demi kesejahteraan masyarakat dan pencapaian misi kemanusiaan yang mulia.

 

 

 

 

 



Oleh, Nadia Nasjwa Risman XI-4