Berita

Meraih Ketenangan Hati dengan Berdzikir

 

 
Sekolah adalah tempat menuntut ilmu. Tidak hanya ilmu pelajaran, tetapi juga kerohanian. Kerohanian sangat penting bagi siswa. Rohani yang baik akan mempermudah siswa dalam belajar dan menggapai cita-citanya. Siswa perlu memiliki rohani dan jasmani yang baik. Jasmani yang baik dapat diperoleh siswa dengan mengikuti pelajaran olahraga dan kegiatan keolahragaan lainnya seperti senam pagi. Adapun, rohani yang baik dapat diperoleh siswa dengan mengikuti pelajaran agama dan kegiatan keagamaan lainnya.

Dalam menjaga dan meningkatkan kerohanian siswa, SMA Kosgoro mengadakan kegiatan dzikir rutin Bersama-sama setiap jumat. Pada hari jumat, 27 Agustus 2024, SMA Kosgoro mengadakan kegiatan dzikir yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro, Kepala Sekolah SMA Kosgoro, guru-guru, dan semua siswa SMA Kosgoro dari kelas X, XI, dan XII. Kegiatan dzikir berlangsung mulai pukul 07.00 sampai 08.00 WIB di aula SMA Kosgoro.

Kegiatan Dzikir Jumat berlangsung kondusif. Seluruh siswa mengikuti acara dengan khidmat. Kegiatan dzikir ini dipimpin oleh Bapak Adri Wihananto, S.E., M.M. selaku Ketua Yayasan SMA Kosgoro, Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Kosgoro, Bapak H. Luthfi Hariri, S.Ag. selaku Wakasek Kesiswaan SMA Kosgoro dan guru mata pelajaran Agama Islam, dan Ibu Dra. Hj. Iis Mulyani, S.Ag selaku guru mata pelajaran Agama Islam.

 

 

Kegiatan Dzikir Jumat diawali dengan pembacaan sholawat dan dzikir yang dipimpin Ibu Dra. Hj. Iis Mulyani, S.Ag. Selanjutnya, ceramah dari Ibu Dra. Hj. Iis Mulyani, S.Ag. dan dilanjutkan dengan ceramah dari Bapak Adri Wihananto, S.E., M.M. Ceramah yang ketiga dari Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd. dan dilanjutkan ceramah dari Bapak H. Luthfi Hariri, S.Ag. Materi yang dibahas dalam ceramah dari keempat narasumber sangat penting dan bermanfaat, yaitu pentingnya melaksanaan salat terutama salat jamaah.

Salat adalah kewajiban setiap muslim. Salat termasuk ke dalam salah satu dari lima rukun islam. Dalam islam, salat memiliki banyak keutamaan terutama salat jamaah. Salah satu keutamaan salat jamaah adalah dilipatgandakan pahalanya. Untuk siswa laki-laki diutamakan untuk solat jamaah di masjid.

SMA Kosgoro memiliki program rutin salat dzuhur dan ashar berjamaah untuk seluruh siswa dan siswi SMA Kosgoro yang dipimpin dan dibimbing oleh kepala sekolah dan seluruh guru SMA Kosgoro Bogor. Menjelang siang sekitar pukul 11.30 WIB, siswa dibimbing oleh guru untuk wudhu lalu melaksanakan salat dzuhur berjamaah. Adapun, saat menjelang sore sekitar pukul 15.00, siswi dibimbing oleh guru untuk wudhu lalu melaksanakan salat ashar berjamaah. Setelah solat berjamaah, guru dan siswa berdoa dan berdzikir bersama.

 

Dalam ceramah kegiatan Dzikir Jumat, penceramah membahas tentang pentingnya program salat berjamaah yang telah diterapkan di SMA Kosgoro. Penceramah mengajak siswa untuk mengikuti program salat berjamaah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh karena bermanfaat bagi diri sendiri. Program ini akan membentuk kebiasaan siswa dalam melaksanakan salat tepat waktu. Awalnya memang terasa berat karena terpaksa, tetapi lama- kelamaan siswa akan terbiasa dan merasa kosong apabila tidak melaksanakan salat terutama salat berjamaah.

Dalam ceramahnya, Bapak Adri Wihananto, S.E., M.M. sebagai Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro menyampaikan bahwa manusia diciptakan untuk ibadah. Manusia harus menyeimbangkan kehidupannya, yaitu bekerja, menuntut ilmu, dan beribadah. Jangan ada satu pun aspek yang ditinggalkan atau dikesampingkan. Beliau juga menyampaikan bahwa siswa- siswi harus hati-hati kalau tidak bisa khusu dalam melaksanakan salat. Hal tersebut dikhawatirkan kita tidak diridhoi Allah atau hati kita yang tidak bersih.

 

Selanjutnya, Bapak Adri Wihananto, S.E., M.M. menekankan alasan mewajibkan salat berjamaah. Nanti saat kita sudah berada di Yaumul hisab, kita akan ditanya sudah mengucapkan dua kalimat syahadat, tetapi di mana buktinya. Akan ditanyakan apakah kita sudah salat. Apakah kita langsung datang salat saat dipanggil atau adzan berkumandang. Perkara salat memengaruhi kehidupan manusia. Bisa jadi masalah yang ada di diri kita karena kita tidak menjaga hubungan kita dengan Allah SWT., salah satunya salat. Lihat hubungan kita dengan Allah SWT.

Kegiatan Dzikir Jumat diakhiri dengan doa bersama-sama. Guru dan siswa bukan saja berdoa untuk diri sendiri dan SMA Kosgoro, tetapi juga mendoakan keluarga masing-masing yang telah wafat. Setelah itu, siswa-siswi menyalami guru dan saling bermaafat dengan guru. Kemudian, siswa-siswi keluar dari aula SMA Kosgoro Bogor dengan tertib.

Kegiatan Dzikir Jumat memberikan banyak manfaat bagi siswa, guru, dan lingkungan sekolah. Bagi guru dan siswa, kegiatan Dzikir Jumat dapat meningkatkan iman masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengingat atau renungan bagi guru dan siswa untuk selalu mengingat Allah SWT dan melaksanakan ibadah terutama salat. Bagi lingkungan sekolah, kegiatan Dzikir Jumat ini diharapkan dapat membuat lingkungan sekolah diberkahi

 

Allah SWT. sehingga dapat menjadi tempat belajar yang nyaman dan mengantarkan siswa- siswi SMA Kosgoro untuk mencetak prestasi.

Kegiatan Dzikir Jumat yang telah diterapkan SMA Kosgoro merupakan program yang sangat bagus. Semoga kegiatan ini dapat terus diterapkan dan lebih lagi dalam penerapannya sehingga terciptanya warga sekolah yang beriman dan berprestasi.

Penulis: Dzikra Arrahmandika X-1 & Aulia Rahmadhian XI-2