Berita

Jumat Bersih: Mempertahankan Kelestarian Lingkungan Sekolah

 

 

 

SMA Kosgoro Bogor mengadakan kegiatan Jumsih atau Jumat Bersih pada hari Jumat,

23 Agustus 2024. Jumsih atau jum'at bersih adalah kegiatan membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi serta guru SMA Kosgoro. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 08.00 WIB.

Kegiatan Jumsih sudah sering dilakukan setiap minggunya. Setiap hari jum’at terdapat pembagian jadwal kelas. Sebagian siswa mengikuti kegiatan dzikir jum’at dan Sebagian lagi mengikuti kegiatan Jumsih. Jumsih dilakukan secara rutin guna mempertahankan kelestarian dan kebersihan sekolah. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekeluargaan antarsiswa siswi SMA Kosgoro. Dalam kegiatan Jumsih, siswa-siswi saling bekerja sama dalam membersihkan lingkungan sekolah. Hal tersebut dapat melatih kekompakan antarsiswa.

Kegiatan Jumsih di SMA Kosgoro berlangsung lancar. Siswa dan guru terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan seluruh area sekolah seperti ruang kelas, lapangan, aula bawah, tangga, dan seluruh jendela gedung SMA Kosgoro. Selain itu, siswa-siswi menyiram tanaman sekitarnya termasuk tanaman yang berada di area Green House.

Menurut salah satu siswi SMA Kosgoro Bogor, manfaat dari kegiatan Jumsih sangatlah banyak, salah satunya membuat lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan rapi. Dengan begitu siswa-siswi menjadi lebih nyaman untuk melakukan kegiatan belajar di sekolah. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga meningkatkan prestasi siswa di kelas.

 

 

Membersihkan Area Lapangan Sekolah

 

Saat membersihkan area lapangan sekolah, guru dan siswa bekerja sama membersihkan lapangan dari sampah-sampah. Siswa-siswi memeriksa setiap sudut lapangan. Jika ditemukan sampah, mereka akan mengambil dan membuang sampah tersebut ke tempat sampah.

Membersihkan Area Depan Ruangan Kelas

 

Saat membersihkan area depan ruang kelas, guru dan siswa membersihkan lantai dari debu atau kotoran serta sampah dengan menggunakan sapu lidi atau sapu injuk.

 

 

Membersihkan Bank Sampah

 

Di depan kantin terdapat bank sampah yang berisi sampah-sampah botol plastik yang akan didaur ulang. Saat Jumsih, siswa-siswa membersihkan area tempat penyimpanan bank sampah dengan menyapu lantai bawah dari bank sampah.

Membersihkan Area Kelas

 

Siswa-siswi membersihkan ruang kelas baik itu bagian dalam ruangam maupun luar ruangan. Apalagi kelas merupakan tempat belajar siswa setiap harinya. Kelas yang bersih akan membuat siswa menjadi fokus dalam belajar. Dalam kegiatan Jumsih, siswa menyapu dan mengepel lantai ruang dalam dan luar kelas, membersihkan jendela, serta mengambil dan membuang sampah yang tergeletak ke tempat sampah.

 

Membersihkan Area Tangga Sekolah

 

 

Siswa-siswi membersikan lingkungan sekolah tak terkecuali tangga sekolah. Mereka menyapu dan mengepel tangga sekolah dari debu atau kotoran dan sampah. Selain itu, siswa- siswi membersihkan pagar dari debu dan kotoran menggunakan lap pel.

Menyiram Tanaman

 

 

Dalam kegiatan Jumsih, siswa-siswi menyiram semua tanaman yang berada di lingkungan sekolah baik di sekitar ruang kelas maupun di area lapangan. Di lingkungan SMA Kosgoro terdapat banyak pohon rindang dan tanaman. Hal tersebut membuat lingkungan sekolah menjadi asri dan sejuk. Oleh karena itu, pohon dan tanaman yang berada di lingkungan sekolah memerlukan pemeliharaan dari segala pihak baik dari guru maupun siswa.

 

Sementara itu, menurut salah satu siswa, kendala pelaksanaan Jumsih adalah perlunya konsistensi dan fokus dari siswa. Terdapat beberapa siswa saja yang melakukan bersih bersih dengan serius dan beberapa siswa ada yang main-main atau sambil bercanda saat melakukan Jumsih. Contohnya, saat sedang membersihkan jendela hanya beberapa saja yang benar-benar membersihkan. Mengenai kendala tersebut, guru-guru beserta siswa lainnya akan bekerja sama mengajak seluruh siswa untuk ikut serta mengikuti kegiatan Jumsih dengan tertib.

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah berarti kita telah menjaga diri sendiri. Kegiatan Jumsih yang telah rutin diadakan oleh SMA Kosgoro sangat bagus untuk terus dipertahankan dan dilanjutkan setiap pekannya. Kegiatan Jumsih memberikan banyak manfaat dimulai dari kenyamanan yang bisa kita rasakan setelah melakukannya sampai kedisiplinan yang semakin terbentuk karena membiasakannya.