Berita

Prakemah Karakter: Implementasi Dasa Dharma Bagi Gen Z

 

 

Pada hari Rabu, 28 Agustus 2024 telah berlangsung kegiatan Prakemah Karakter di Aula Graha Solidaritas SMA Kosgoro. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh siswa kelas 10 yang akan melaksanakan Kemah di hari jumat dan sabtu. Bapak Dr. Abdullah, M.M. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Abe sebagai salah satu pemateri di kegiatan ini mulai mempresentasikan materinya dari jam 09.00 WIB sampai dengan 09.50 WIB. Bapak Dr. Abdullah, M.M. merupakan guru SMA Kosgoro Bogor dan pernah menjadi Kepala Sekolah SMP Kosgoro dua periode. Tema materi yang beliau sampaikan tentang “Implementasi Dasa Dharma bagi Gen Z.”

Sebelum menyampaikan materi, Pak Abe memimpin seluruh peserta untuk membaca doa bersama-sama. Materi yang disampaikan oleh Pak Abe mengenai Dasa Dharma dan Generasi Z. Pada materi ini, Bapak Dr. Abdullah, M.M. memulai materi dengan membahas “Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.” Hak asasi yang paling asasi adalah memeluk agama sesuai keyakinan masing-masing. Sementara itu, terdapat kewajiban asasi yang paling asasi, yaitu menunaikan ibadah sesuai agama masing-masing.

Kewajiban asasi harus ditunaikan. Implementasi untuk yang beragama islam dengan cara melaksanakan salat tepat waktu. Untuk yang beragama selain islam, misalnya Nasrani. Jika ibadah gereja seseorang di Paledang maka orang tersebut harus melaksanakan ibadah di Paledang, tidak boleh diwakilkan. Pak Abe menyampaikan pesan untuk yang beragama islam agar menjaga sikap saat salat, tidak batuk disengaja. Jika orang lain batuk dan yang lainnya ikut batuk dengan disengaja maka harus dilihat wudhunya benar atau tidak.

 

Pak Abe melanjutkan penyampaian materi dengan membahas pengertian generasi Z dan karakteristik gen Z. Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh di zaman yang serba cepat dan digital atau yang lebih dikenal dengan industri 4.0. Materi ini sangat menarik bagi peserta karena siswa kelas X tergolong ke dalam gen Z yang sedang dibahas. Gen Z merupakan seseorang yang lahir pada tahun 1998 sampai dengan 2010, rata-rata gen Z sudah memiliki ponsel atau gawai di umur 10 tahun, maka tidak aneh jika mereka sampai 3 jam bermain gawai, tetapi di sisi positifnya gawai lebih membantu untuk manusia berkretivitas dan berkomunikasi,

Ada beberapa karakteristik generasi gen Z, diantaranya lebih muda berbaur dan bersosialisasi, mudah akses informasi yang terbaru, menyukai lingkungan yang memberi ruang dan berkreatif, serta kebanyakan gen Z mengincar star up dan berkarir. Ada juga beberapa pengertian dan contoh dari Dasa Dharma, yaitu takwa kepada Tuhan yang Maha Esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, serta patriot yang sopan dan ksatria.

Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa dapat dilakukan dari lingkup yang paling dekat, yaitu melakukan berbagai hal dengan diawali berdoa terlebih dahulu. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dapat dilakukan dengan cara tidak ragu untuk menolong orang lain dalam kesulitan. Adapun, patriot yang sopan dan kesatria dapat dilakukan dengan cara selalu bersikap hormat pada orang yang lebih tua.

Setelah materi selesai, Pak Abe mengajak peserta untuk menyanyikan lagu Pramuka Kosgoro bersama-sama. Siswa-siswi terlihat antusias dan semangat dalam bernyanyi.

 

Terakhir, Pak Abe memberikan pesan kepada seluruh peserta untuk menjaga keimanan dengan cara suci dalam hal pikiran, perbuatan, dan perkataan.

Materi ini sangat penting bagi para zaman generasi Z ini karena benar-benar dialami oleh siswa-siswi kelas Xpada zaman kini. Setelah menyimak materi ketiga ini diharapkan seluruh siswa kelas X SMA Kosgoro dapat memahami dan melaksanakan nilai-nilai dari dasa dharma agar terciptanya generasi Z yang memahami pentingnya bersikap baik di kehidupan ini.