Berita

Hari Pertama PraPrakemah Karakter: Nilai Perjuangan hingga Dasa Dharma

 

 

 

Nilai-nilai karakter wajib dimiliki oleh setiap siswa. Nilai-nilai karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia berdasarkan norma-nomra agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri siswa, SMA Kosgoro mengadakan Prakemah karakter pada tanggal 28–31 Agustus 2024. Prakemah Karakter ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan pengurus baru ekstrakurikuler.

Prakemah Karakter dilaksanakan di dua tempat. Kegiatan penyampaian materi pada tanggal 28– 29 Agustus bertempat di Aula Graha Solidaritas SMA Kosgoro Bogor. Adapun, kegiatan Prakemah ke luar sekolah bertempat di Villa Patung Ikan pada tanggal 30–31 Agustus 2024. Prakemah Karakter pada hari pertama dimulai pukul 07.30–15.30 WIB.

Pada hari pertama, tanggal 28– 29 Agustus 2024, Prakemah Karakter diawali dengan Apel Pembukaan. Sebelum kegiatan Apel Pembukaan, siswa-siswi kelas X tidak lupa melakukan pembiasaan membaca Alquran dan literasi. Kemudian, sekitar jam 07.30 WIB, siswa dan siswi diarahkan oleh panitia untuk pergi ke lapangan untuk pembukaan Prakemah karakter Angkatan 2024/2025 yang dibuka oleh Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Kosgoro. Beliau berpesan agar Prakemah Karakter ini bukan sebagai event biasa, tetapi sebagai acuan siswa-siswi untuk membentuk karakter siswa dan siswi agar menjadi lebih baik. Siswa-siswi diharapkan senantiasa mengamalkan Dasa Dharma dan Tri Satya Ambalam Sri Baduga dan Dewi Pohaci Pangkalan SMA Kosgoro Kota Bogor. Kegiatan Apel Pembukaan berlangsung dengan khitmat.

 

Apel Pembukaan Prakemah Karakter

  

 

 

Setelah Apel Pembukaan siswa dan siswi kembali ke kelas untuk persiapan 15 menit sarapan pagi. Setelah sarapan pagi, siswa-siswi diarahkan kembali oleh panitia ke aula untuk materi pertama. Kegiatan penyampaikan materi pertama menghadirkan Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro, Bapak Adri Wihananto, S.E., M.M dimulai pukul 08.30 WIB. Materi yang disampaikan oleh beliau sangat menarik, yaitu “Nilai Perjuangan Kosgoro.” Beliau menyampaikan sejarah SMA Kosgoro mulai dari didirikan hingga kini. Dari Sejarah SMA Kosgoro, siswa-siswi belajar bahwa suatu usaha yang keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang indah.

Penyampaian Materi Pertama

 

Sebelum masuk ke materi yang kedua, seluruh siswa melakukan tepuk tangan pramuka dipimpin oleh Ibu Berlian Khairunnisa S, S.Pd. selaku pewara pada kegiatan Prakemah Karakter hari pertama. Materi yang kedua disampaikan oleh Bapak Dr. Abdullah, M.M. atau yang lebih dikenal dengan nama “Pak Abe” dengan tema “Implementasi Dasa Dharma bagi Gen Z.” Materi tersebut sangat dekat dengan kehidupan karena membahas tentang Gen Z. Dengan menyimak materi tersebut diharapkan semua siswa kelas 10 SMA Kosgoro dapat memahami dan melaksanakan nilai-nilai dari Dasa Dharma agar terciptanya generasi Z yang memahami pentingnya bersikap baik di kehidupan ini.

Penyampaian Materi Kedua

 

 Waktu sudah menunjukan pukul 10.03 WIB yang artinya memasuki istirahat pertama, siswa dan siswi pun kembali ke kelas dengan tertib. Setelah istirahat, siswa dan siswi kembali ke Aula Graha Solidaritas SMA Kosgoro untuk melakukan ice breaking. Ice breaking berupa quiz dan tepuk pramuka. Siswa-siswi sangat semangat mengikuti alur acara walaupun sudah siang hari.

Ice Breaking

 

Prakemah Karakter dilanjutkan dengan materi ketiga yaitu “Dasa Dharma Peluang Upgrade Diri” oleh Bapak Kwarran Botara. Beliau menjelaskan berbagai pramuka yang mengabdi kepada 10 Dasa Dharma. Kegiatan selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu siswa, yaitu salat berjamaah, istirahat, dan makan. Seluruh siswa salat berjamaah di aula SMA Kosgoro Bogor dengan dipimpin oleh guru. Saat istirahat, siswa-siswi makan dan minum bersama di kantin dan kelas masing-masing.

 

Penyampaian Materi Ketiga

 

 Setelah selesai Ishoma, siswa-siswi diarahkan Kembali ke Aula Graha Solidaritas untuk menyimak materi yang keempat. Materi keempat dimulai pukul 13.15 WIB yang disampaikan oleh Kepala SMA Kosgoro Bogor, yaitu Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd. Beliau menyampaikan tentang “Regulasi Diri Penguatan Karakter.” Regulasi diri adalah kemampuan seseorang untuk mengelola pikiran, emosi ,dan perilaku sendiri untuk membantu mereka fokus pada belajar dan mengatasi stress dan mencapai tujuan akademik

Hari semakin sore. Kegiatan memasuki materi terakhir disampaikan oleh Bapak Ferdy Andika, S.Pd. sebagai Pembina Pramuka Putra dengan tema “Dasa Dharma Pembentuk Karakter.” Beliau mengajak seluruh siswa untuk menuliskan 5 kekurangan dan kelebihan serta bagaimana strategi mengatasinya.

 

Penyampaian Materi Keempat

 

 

 

Penyampaian Materi Kelima

 

 

Setelah materi selesai pukul 15.21 WIB, acara diakhiri dengan operasi semut dan salat berjamaah. Siswa-siswi bekerja sama untuk membersihkan aula SMA Kosgoro Bogor. Prakemah Karakter pada hari pertama ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter dalam diri siswa sehingga terciptanya siswa-siswi yang berbudi pekerti dan berprestasi.